Monday 18 January 2016

Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan

Posted by Asy Syam On 03:09 No comments

http://www.bodybuilding.com/fun/images/2014/

Pict source: bodybuilding.com


Manfaat omega 3 bagi kesehatan

Menambah volume otak
Orang yang rajin mengkonsumsi omega 3 akan memiliki otak lebih besar dibanding mereka yang jarang mengkonsumsinya atau tidak pernah sama sekali. Semakin tua, volume otak manusia akan semakin menyusut, namun tidak bagi orang-orang yang mengkonsumsi omega 3. Ukuran otaknya justru lebih besar, dan 2 tahun lebih muda.
Anti kanker kulit
Sebuah penelitian di The University of Manchester menemukan manfaat omega 3 bagi kulit. Orang yang rajin mengkonsumsi omega 3 ternyata memiliki ketahanan yang kuat terhadap paparan radiasi sinar matahari. Dan ini tentunya akan menjauhkan kita dari kanker kulit.
Mencegah gangguan penglihatan akibat diabetes
Gangguan penglihatan akibat diabetes atau Diabetic Retinopathy bisa dicegah dengan omega 3. Omega 3 mampu menjaga fungsi retina dan mencegah peradangan. Sehingga, orang yang saat ini mengalami diabetes, segera konsumsi omega 3 secara rutin untuk mencegah terjadinya komplikasi.
Mampu memperbaiki otak lebih cepat
Omega 3 adalah sumber DHA. Seseorang yang mengalami cedera otak akan menjadi lebih buruk jika kekurangan DHA. Sehingga mengkonsumsi omega 3 sangat dianjurkan pagi orang-orang yang mengalami cedera otak.
Melindungi wanita dari kanker ovarium
Ditemukan oleh British Journal of Cancer, ternyata omega 3 juga sangat baik untuk mencegah kanker ovarium.
Menyehatkan jantung dan meredakan stress
Omega 3 dikenal sangat bagus untuk kesehatan jantung, mengendalikan kolesterol, dan menormalkan detak jantung. Bahkan omega-3 juga mampu meredakan sterss.

Sumber omega-3


Omega 3 terdapat pada minyak ikan yang hanya didapatkan dari hati ikan. Sedangkan ikan-ikan  yang mengandung minyak ikan diantaranya ialah mackerel, tuna, salmon, sarden, herring, trout, dan cod.Dimanakah kita bisa menemukan omega-3? Semua pasti menjawab “minyak ikan”. Minyak ikan memang sudah diyakini selama bertahun-tahun sebagai sumber Omega 3. Semuanya sudah pasti sering melihat iklan di TV tentang omega-3, rata-rata membicarakan minyak ikan, terutama ikan salmon dan ikan tuna.
Selain dari ikan secara langsung, minyak ikan juga bisa kita dapatkan dari produk-produk yang mengandung minyak ikan seperti mentega,  margarin, bahkan minyak goreng untuk memasak.

Sumber omega-3 selain minyak ikan

Jika Anda termasuk orang yang tidak suka ikan, Anda bisa mencoba lima makanan alternatif dibawah ini untuk memperoleh omega 3.
1. Daging sapi yang semasa hidupnya hanya makan rumput
Rumput, adalah salah satu tanaman yang mengandung banyak omega 3. Sehingga sapi-sapi yang hanya makan rumput selama hidupnya akan mengandung banyak omega-3 pada dagingnya.
2. Kedelai Jepang
Kedelai Jepang disebut juga dengan nama Edamame. Edamame banyak ditemukan dalam bentuk makanan ringan atau cemilan yang sangat direkomendasikan untuk kesehatan. Karena selain mengandung omega-3, edamame juga mengandung banyak serat dan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh.
3. Minyak biji flax
Flaxseed atau biji flax berasal dari bunga flax yang hidup di daratan Amerika terutama Kanada. Biji flax kaya akan serat, namun omega-3 hanya bisa kita dapatkan dari minyak biji flax.
4. Telur ayam
Telur ayam juga mengandung banyak omega-3. Dan bisa lebih banyak lagi jika ketika memasaknya ditambahkan omega 3 dan biji flax plus daging sapi.
4. Walnut
Walnut merupakan tanaman kacang yang berasal dari tanah Malay. Seperti halnya biji flax, walnut bisa jadi cemilan sehat karena mengandung omega-3.

Source: agenresmigreenworld.web.id

0 comments:

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube